Senin, 09 April 2012

Siapkan Pilot Project Rumah Pangan Lestari

BOGOR-Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan sebuah seminar yang merupakan Program Tenaga Ahli Kementerian Bidang Pelayanan Masyarakat. Acara dengan tema ”Strategi Peningkatan Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga” itu, diadakan di Hotel Amaris Bogor, Minggu (8/4). Acara dihadiri lebih dari seratus tokoh perempuan yang tersebar di seluruh Kelurahan Kota Bogor.

Sebagai pembicara utama adalah Profesional muda penggiat kegiatan sosial Yocie Gusman yang dipanel bersama Tenaga ahli Mentan Atang Trisnanto dan Tenaga ahli anggota DPR RI Komisi II bidang Pemerintah Daerah, Iwan Suryawan.

Tujuan dari seminar ini adalah mewujudkan rumah pangan lestari guna mewujudkan ketahanan pangan di tingkat keluarga. Yang menarik, di antara tokoh ibu-ibu yang hadir, ada ketua RT yang sangat aktif pada program-program kemasyarakatan sehingga dapat menggerakkan lingkungan sekitar, terutama kaum perempuan.

Beberapa hasil seminar sehari ketahanan pangan keluarga ini adalah tawaran-tawaran sekaligus sosialisasi program Kementan untuk kegiatan lingkungan kaum perempuan. Begitu pentingnya ketahanan pangan keluarga, membuat session seminar ini mendapat respons yang sangat antusias dari para tokoh wanita Kota Bogor. Sehingga pertanyaan bertubi-tubi datang dari peserta hingga acara tersebut diminta ditindaklanjuti dengan acara terbatas yang memberikan penjelasan secara teknis program kementerian.

Yocie Gusman, praktisi muda yang bergerak di bidang perbankan dan konsultan ekonomi mikro, mengatakan bahwa dengan semangat para tokoh ini, dia berharap dapat berpartisipasi memberikan kontribusi berarti buat masyarakat Kota Bogor pada khususnya. “Saya bekerjasama dengan Kementan akan membuat enam titik pilot project Rumah Pangan Lestari di Kota Bogor, sebagai salah satu program alternatif meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan program pengentasan kemiskinan,” tuturnya.(*/sep)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda...